Cari :

Sabtu, 21 November 2009

Rangkuman Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar
BAB I

Sekilas tentang Ilmu – Ilmu Sosial , Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Sosial Dasar
Ilmu – ilmu social
Philosopia (filsafat) adalah sumber segala ilmu pengetahuan baik ilmu – ilmu alam maupun ilmu – ilmu sosial bermula dari filsafat. Filsafat lahir 3 cabang ilmu pengetahuan yaitu:
Natural science (ilmu – ilmu alamiah) meliputi fisika, kimia, astronomi, biologi, botani dll
Social science (ilmu – ilmu social) teridri dari sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi,geografi dll.
Humanities (ilmu – ilmu budaya) meliputi bahasa, agama, kesusastraan, kesenian dll.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
IPS adalah ilmu – ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah.
IPS adalah ilmu – ilmu yang dipilih dan disesuaikan bagi penggunaan program pendidikan di sekolah.
IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan (fusi) dan sejumlah mata pelajaran sosial antara lain geografi, sejarah, sosiologi, antropologi, psikologi sosial, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, dan ilmu – ilmu sosial lainnya.

Ilmu Sosial Dasar
ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu – ilmu sosial yang di[ergunakan dlam pendekatan, dan pemecahan masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. ISD memberikan dasar – dasar pengetahuan umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala – gejala soial kepada mahasiswa.

Latar Belakang Ilmu Sosial Dasar
Latar belakang diberikannya mata kuliah ISD yaitu :
- Banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendikiawan. Mereka berpendapat bahwa sistem pendidikan yang berlangsung masih berbau kolonial dan masih warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda.
- Sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang elit bagi masyarakat sehingga kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, serta tidak mengenali dimensi – dimensi lain diluar disiplin keilmuannya.

Ilmu Sosial Dasar sebagai Komponen Mata Kuliah Dasar
MKDU berusaha untuk memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para mahasiswa sehingga tidak terbatas pada keahlian masing – masing, tetapi juga membantu mahasiswa menemukan diri sendiri dalam menempatkan diri dalam perkembangan masyarakat di kebudayaan yang sedang berlangsung.
MKDU terdiri dari 6 Mata kuliah, yaitu :
Agama
Pancasila
Kewiraan
Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
Ilmu Sosial Dasar (ISD)
Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Tujuan mata kuliah dasar umum adalah :
Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat, bangsa, serta agama.
Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah – masalah dan kenyataan – kenyataan sosial yang timbul dalam masyarakat.
Memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner sehingga memudahkan mereka berkomunikasi.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar adalah :
Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lainnya.

Masalah – Masalah Sosial dan Ilmu Sosial Dasar
Masalah – masalah Sosial
Pengertian masalah sosial :
Menurut masyarakat, masalah sosial adalah segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum.
Menurut para ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan masyarakat secara keseluruhan.
Leslie (1974) seorang ahli mendefiniskan bahwa masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempuyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karenanya dirasakan perlu untuk diatasi atau diperbaiki.
Masalah – Masalah Sosial dan Ahli Ilmu Sosial
Sebelum ada ahli – ahli ilmu sosial masyarakat yang peka terhadap masalah sosial adalah para ahli filsafat, pemuka agama, ahli politik dan kenegaraan.
Komunikasi menjadikan masalah sosial sebagai sebagai ruang lingkup studi, tetapi pusat studinya bukanlah pada masalah sosial itu sendiri, namun pada usaha memahami hakikat manusia menurut perspektif masing – masing. Sedangkan masalah sosial dipandang sebagai akibat dari prpses perubahan sosial dan kebudayaan.
Sejumlah ahli ilmu sosial seperti Merton dan Nizbet (1961), Denzin (1973), Gerson (1969) dan Brodly (1976) merasakan bahwa dengan menggunakan pendekatan masalah – masalah sosial sebagai kerangkanya maka hakikat masyarakat dan kebudayaan manusia akan lebih dapat dipahami.
Nama : Adinda Ayuning Dyah
Kelas : 1IA23
NPM : 54409231

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Home

Categories