Cari :

Sabtu, 21 November 2009

Kiat sehat mengawali Hari anda..

shutterstock
Timbangan berat badan adalah teman untuk membantu Anda memertahankan berat tubuh.
Kamis, 5 November 2009 08:59 WIB

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri bahwa pagi hari adalah waktu tersibuk Anda. Seringkali aktivitas di saat matahari terbit ini dilakukan tergesa-gesa, sehingga Anda melupakan banyak hal.
Sebenarnya ada banyak aktivitas penting bagi kesehatan yang bisa Anda lakukan untuk membuka hari. Dengan melakukannya, tubuh sebenarnya bakal semakin sehat dan Anda pun terhindar dari penyakit.
Nah, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengawali hari? Mari kita simak kiat-kiat berikut ini.
1. Jika Anda Berniat menimbang berat badan anda, lakukan di pagi hari sebelum makan pagi. Menimbang di pagi hari memberi akurasi berat badan anda yang bisa saja bervariasi dalam satu hari! Sebuah penelitian dari Brown University dan University of North Carolina menunjukkan 61 persen individu yang menimbang rutin berat badan di pagi hari berhasil menjaga berat badan agar stabil karena mereka bisa mengetahui lebih dulu jika berat badannya naik dari biasanya.
2. Aplikasikan krim tabir surya 30 menit sebelum pergi ke luar rumah karena saat itu krim sudah meresap ke dalam pori - pori Anda sehingga krim penahan sinar matahari akan bekerja semaksimal mungkin.
3. Mandi sinar matahari pagi sangat baik karena bisa meningkatkan energi Anda di pagi hari dan mengusir depresi, mendapat cukup sinar matahari memberikan sinyal pada tubuh Anda untuk berhenti memproduksi melatonin yang membuat Anda mengantuk. Sinar matahari sangat baik sebagai anti depresan dan juga dalam memproduksi vitamin D yang bisa mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung.
4. Jika Anda berniat untuk menjaga kestabilan berat badan Anda maka makanlah 15 sampai 30 menit setelah bangun tidur dan sebelum jam 8 malam. Kalau Anda melewatkan sarapan pagi, maka tubuh Anda akan merasa kelaparan dan Anda justru akan makan lebih banyak nantinya. Penelitian Harvard Medical School menyatakan bahwa pada individu yang melakukan sarapan pagi tiap harinya dengan gandum (oatmeal, cereal, roti gandum) yang disertai dengan protein (telur, selai kacang, keju rendah lemak) dan buah membuat Anda bersemangat dan merasa kenyang lebih lama. Targetkan sarapan Anda sekitar 200 - 300 kalori.
dr. Intan Airlina Febiliawanti
credit : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Home

Categories