Cari :

Sabtu, 21 November 2009

Kewajiban Mengontrol yang Sulit

Warga negara merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi perkembangan suatu negara. Karena, sebuah negara akan maju apabila warga negaranya bersungguh – sngguh dalam membangun negara tersebut. Dalam sebuah negara, pasti ada suatu pemerintahan yang merupakan warga negara itu sendiri yang dipercaya mengatur negara ini.
Pemerintah biasanya mengeluarkan berbagai macam kebijakan yang bertujuan untuk menyejahterakan rakyatnya. Namun, tidak semua kebijakan dapat disetujui dengan baik oleh masyarakat. Di negara kita ini, setiap warga negara berhak melakukan kontrol terhadap para pemimpin dalam melakukan tugas - tugasnya. Warga negara wajib melakukan kontrol ini. Karena dengan adanya pengontrolan, pemerintah tidak akan seenaknya membuat kebijakan yang ujung – ujungnya merugikan masyarakat. Tetapi, kontrol – kontrol yang dikemukakan malah hanya sia – sia saja.
Cara masyarakat untuk melakukan kewajiban ini bermacam – macam. Ada yang hanya diam saja, komentar lewat media komunikasi maupun cetak, atau bahkan secara nyata mendatangi gedung MPR DPR atau seperti yang sering kita sebut dengan demo. Biasanya, yang melakukan demo seperti ini adalah sebuah kelompok atau lembaga - lembaga seperti LSM ataupun mahasiswa. Mahasiswa menjadi ikon penting dalam setiap gerakan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan.
Kita bisa lihat pada program – program tivi yang berhubungan dengan pemerintah. Mahasiswa selalu menjadi bintang tamu dalam acara tersebut. Ini dikarenakan mahasiswa merupakan salah satu kunci utama dalam pembangunan. Umur mahasiswa yang masih tergolong muda, pendidikan yang sudah matang, sifat – sifat yang krits sehingga sering dibilang bahwa mahasiswa merupakan masyarakat yang intelek dan elit.
Tetapi, kebanyakan demo terutama demo mahasiswa berujung anarkis. Ini juga dikarenakan bahwa kurangnya peduli pemerintah secara langsung. Seharusnya pemerintah mempunyai sarana yang dapat menampung semua aspirasi, keluhan dan kritikan. Namun, kita tidak hanya bisa menyalahkan satu pihak saja. Menurut saya, masyarakat juga harus dapat menjaga kehormatan ppemerintah dan menjadi kritikan yang membangun. Jangan hanya bisa komplain saja, namun juga harus memberikan jalan keluar yang terbaik atau memberikan contoh yang baik pula.
Saya yakin, apabila ada keseimbangan dalam sebuah negara seperti tadi pasti negara itu akan berkembang dengan cepat. Karena warga negara melakukan kewajiban dan haknya secara benar dan teratur. Walaupun saya rasa ini masih sulit bila di terapkan di Indonesia. Namun,tidak ada yang tidak mungkin bila ada keinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Home

Categories