Cari :

Sabtu, 21 November 2009

Mitos di zaman sekarang

Kekayaan bangsa Indonesia seperti yang kita ketahui sangat banyak. Baik kekayaan budaya, kekayaan bahasa, kekayaan alam yang berlimpah, kekayaan berupa peninggalan sejarah, dan banyak lagi kekayaan lainnya. Termasuk pula pada kekayaan adat istiadat seperti yang kita ketahui bahwa setiap pulau/suku memiliki keunikan yang beragam yang kadang tidak masuk akal untuk generasi sekarang yang lahir pada tahun sembilan puluhan.
Pada jaman nenek moyang kita, hal seperti itu sudah menjadi sebuah aturan dalam kehidupan mereka. Sebut saja misalnya Mitos.Mitos terkadang seperti suatu aturan hidup yang sudah diatur oleh nenek moyang yang tidak bisa dilanggar.Akan tetapi apa yang tidak masuk diakal generasi sekarang,orang tua tidak akan memberi tahu alasan hal tidak masuk akal tersebut. Mitos adalah merupakan pengetahuan manusia dengan cara turun temurun secara tradisi yang dipakai untuk menjawab semua pertanyaan – pertanyaan manusia tentang alam semesta yang dihadirkan melalui dewa – dewa Yunani. Banyak yang berpendapat bahwa mitos hanya sebuah bualan dari orang Belanda untuk membodohi orang Indonesia saja.
Namun, walau jaman sudah modern pada jaman dimana logika berjalan, di Indonesia mitos – mitos tersebut masih saja banyak yang percaya. Contohnya apabila perempuan yang sedang datang bulan, rambutnya tidak boleh terbuang satu helai pun. Atau bila datang bulan tidak boleh keramas. Jadi, bila datang bulan dia tidak keramas sampai seminggu takut ada rambutnya yang terjatuh saat keramas. Padahal logikanya, rambut yang tidak keramas justru membuat rambut rontok dan banyak yang akan jatuh. Namun, tidak semua mitos salah. Contohnya yang saya dapat di sebuah blog, jangan membeli garam dan gula di malam hari. Ketahuilah bawah pada jaman dulu tidak ada listrik sehingga pada malam hari keadaan gelap gulita dan penjualnya tidak bisa membedakan yang mana yang gula dan garam. Ada lagi yang mengatakan bahwa perempuan tidak boleh duduk didepan pintu karena takut tidak ada yang melamar,padahal yang sebenarnya adalah apabila duduk didepan pintu maka akan menghalangi orang yang akan lewat.
Banyak sekali mitos yang membudaya di masyarakat kita.Akhirnya tidak ada yang melarang,tidak ada yang memprotes tentang mitos tersebut,semua hanya menghormati budaya nenek moyang tanpa ingin melanggar dan menentangnya.
Demikian artikel tentang mitos yang saya coba angkat melalui media kampus dengan tujuan untuk mengingatkan pada teman-teman mahasiswa bahwa bangsa kita sangat kaya akan budaya dan kekayaan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain sehingga ada bangsa yang ingin memiliki salah satu kekayaan budaya kita.

Adinda Ayuning Dyah
54409231
Source: velvetz.blogspot.com/2009/03/mitos.html
www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=11473

1 komentar:

Home

Categories