Cari :

Senin, 04 April 2011

Jerawat!

Kalau dengar yang satu ini semua orang baik pria maupun wanita pasti gemes setengah mati, apalagi kalau tiba – tiba sesuatu yang tidak diharapkan ini tumbuh di kulit kita yang bersih. Jerawat timbul disebabkan oleh kelenjar – kelenjar yang menghasilkan minyak yang disebut kelenjar – kelenjar sebesu. Kelenjar – kelenjar ini yang paling giat di wajah, dada dan punggung, menghasilkan minyak yang membuat kulit Anda lembut dan lentur. Pad amasa remaja =, produksi hormon – hormon baru merangsang kelenjar – kelenjar ini, membuat kelebihan pasokan minyak yang mengalir balik dan menymbat pori – pori itu. Karena minyak tersebut tidk bisa keluar, tekanannya meningkat. Dinding – dinding pembuluhnya mulai membengkak dan tumbuhlah jerawat. Tetapi tekanan batin dan perubahan hormon yang terjadi selama siklus haid juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Begitu juga dengan faktor keturunan, jerawat ini biasa disebut Jerawat Dewasa. Tetapi jerawat bukanlah sesuatu yang harus Anda derita selama sisa hidup Anda. Anda dapat mengendalikan masalah tersebut dengan pemeliharaan kulit sederhana.

Sebagian besar kasus jerawat meliputi lebih dari satu jerawat saja dan para dokter menyarankan lebih dari satu cara untuk mengendalikannya.

- Jagalah tubuh kita agar tetap bersih

Mencuci wajah dengan lembut satu atau dua kali sehari adalah satu – satunya hal yang kita perlukan. Tetapi terlalu sering pun juga tidak baik. Menggosok terlampau kuat apat mempersulit masalahnya karena membuat iritasi kulit.

- Kurangi penggunaan makeup

Kaum wanita yang sering sekali menggunakan makeup tebal dapat memiliki apa oleh para dokter disebut jerawat kosmetik. Kelenjar – kelenjar yang tersumbat karena bahan kosmetik. Untuk menolong agar pori – pori kita tetap terbuka, gunakanlah senantiasa produk – produk berbasis air yang mudah dibersihkan dengan sabun an air.

- Ketahui kekurangan kita

Sekalipun terdapat sedikit petunjuk ilmiah bahwa makanan seperti cokelat, fast food menimbulkan jerawat tetapi kita masih terus memakannya. Ada saran dari seorang dokter, bila kita termasuk mereka yang mengetahui bahwa Anda memperoleh jerawat setiap kali kita mengonsumsi makanan tersbut, cobalah ganti makanan tersebut dengan yang lebih rendah kadar lemaknya. Misalkan ganti es krim dengan yoghurt. Dan lihat perbedaan yang Anda rasakan.

- Buatlah hidup kita santai

Bila hormon kita sedang marah, yang terjadi adalah kita mengalami ketegangan jiwa, sehingga kulit kita pun terangsang pula.

- Lepas tangan

Biasanya kalau sebutir jerawat tumbuh di hidung, kita sering tergoda untuk memencetnya. Sayang, bahkan tekanan lembut pun dapat memecahkan jerawat itu, yang bisa menimbulkan jaringan parut permanen. Ingatlah bahwa bukanlah tangan yang dapat menjadi obat paling baik.


Source : Buku “Bebas dari Penyakit” Karya Matthew Hoffman,William Legro, dan para Editor Preventation Magazine Health Books.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Home

Categories