Cari :

Minggu, 03 April 2011

Anemia

Anemia

Pernah merasa kelelahan, perubahan suasana hati, sakit kepala dan berdebar – debar? Kalau iya mungkin saja Anda menderita kekurangan sel darah merah atau yang lebih sering kita kenal dengan Anemia. Anemia adalah kekurangan sel darah merah dan hemoglobin, yaitu protein yang membawa sel darah merah ke seluruh tubuh. Dengan kata lain, tubuh tidak punya oksigen yang cukup untuk bekerja dengan baik.

Siapa saja dapat menderita anemia karena tidak cukup makan makanan yang mengandung zat besi. Anak – anak yang tumbuh dengan cepat, terutama sulit makan, barangkali akan mendapat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Karena jenis zat besi yang ditemukan di dalam buah – buahan dan sayuran tidak mudah dicerna, seperti halnya zat besi yang terdapat di dalam daging, kaum vegetarian murni yang tidak memakan suplemen barangkali akan lebih mudah terkena anemia kekurangan zat besi daripada pemakan daging.

Tapi, bukan berarti kita harus memulai memakan suplemen yang ada di apotek. Karena apabila terlalu banyak zat besi juga dapat menyebabkan berbagai kesulitan seperti halnya kekurangan zat tersebut.

Lalu, bagaimana cara menyembuhkan anemia? Berikut adalah sedikit dari berbagai bahan makanan yang mengandung zat besi :

M- akanlah daging merah

Daging merupakan sumber besi heme yang baik. Namun, tetap harus berhati – hati dengan lemak dan kolesterol yang menyertainya. Untuk mendapatkan manfaat daging merah, belilah daging tanpa lemak.

- Kentang

Sebuah kentang bersama kulitnya memuat banyak besi, yaitu mengandung hampir 3 mg zat besi.

- Kacang – kacangan

“kacang – kacangan merupakan sumber zat besi yang bagus.” Kata McDonnell. Satu hidangan buncis mengandung 2,3 mg zat besi.

- Sayuran berdaun hijau

Bayam mengandung 3,2 mg, lobak mengandung 2 mg zat besi.

- Biji – bijian

Sekita 85% biji –bijian yang siap disantap telah diperkaya dengan zat hara tambahan. Oleh karena itu apabila secangkir gandum biasa mengandung 1,6 mg zat besi, secangkir bubur gandum yang telah diperkaya mengandung 8,3 mg.

Source : Buku “Bebas dari Penyakit” Karya Matthew Hoffman,William Legro, dan para Editor Preventation Magazine Health Books.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Home

Categories