Cari :

Kamis, 09 Desember 2010

Keamanan menggunakan Wi-Fi

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks- WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Kita sering menggunakan wireless untuk koneksi internet, apakah itu dirumah ataupun di tempat umum yang menyediakan fasilitas hotspot. Untuk yang memiliki perangkat wireless sendiri dirumah, mungkin perlu memperhatikan beberapa hal untuk keamanan dari perangkat wireless itu, atau demi kenyamanan penggunaan internet.

Beberapa hal itu diantaranya :

1. Ubah Username dan Password Administator Default
Sebagian besar dari kita terkadang suka lupa atau bahkan beranggapan bahwa username dan password administrator gak perlu diganti, dengan alasan takut ntar suatu saat lupa password, atau beranggapan bahwa tidak ada yang bisa konek ke perangkat wireless ini selain kita atau orang2 yang kita beri akses. Padahal di jaman seperti sekarang ini ada istilah yang sering aku dengar “gak ada yang gak mungkin” maka sebaiknya diubah dengan kenyamanan dan keamanan.

2. Aktifkan Security Wireless (WPA/WEP)
Semua perangkat wireless dilengkapi dengan fitur tersebut, maka lebih baik aktifkan fitur tersebut agar tidak sembarang orang bisa mengakses wireless kita.

3. Ubah Defaul SSID
SSID default dari sebuah perangkat wireless biasanya sama, hal ini ada baiknya kita ubah dan biasanya bisa di ubah melalui menu wireless setiing.

4. Aktifkan MAC Address Filtering
Wireless router menyediakan fitur MAC Address Filtering, hal ini bisa digunakan untuk membatasi perangkat yang bisa terkoneksi ke wireless dengan memberi akses hanya pada perangkat tertentu dengan mendaftarkan macaddress dari perangkat tersebut.

5. Non Aktifkan SSID Broadcast
Dengan meng-nonaktifkan SSID Broadcast, SSID wireless kita tidak akan kelihatan ketika di scan. Dan kita bisa meng-add SSID secara manual.

6. Disable Auto-Connect dari perangkat Wireless
Kebanyakan orang ngeset wireless dengan status auto-connect ke perangkat wireless lainnya, sebaiknya hal ini dihindari agar tidak menimbulkan masalah.

7. Set IP di Perangkat Wireless dengan Static Mode
Dengan ngeset ke static mode maka apabila wireless kita bisa tertembus oleh orang, maka tidak bisa langsung konek karena harus menemukan IP. Dan sebaikn ya pula IP ini tidak menggunakan IP yang umum/lazim.

8. Aktifkan Firewall
Sudah jelas, dengan menambahkan atau mengaktifkan firewall maka kita meningkatkan tingkat keamanan dari perangkat wireless kita.

9. Letakkan Wireless Router atau Access Point di tempat yang aman.
Perangkat Wireless biasanya memiliki range tertentu, maka letakkan dia di tempat yang strategis sehingga hanya menjangkau daerah yang kita inginkan.

10. Matikan Perangkat Wireless ketika tidak digunakan
Ketika perangkat wireless tersebut tidak gunakan, lebih baik kita mematikan perangkat tersebut.

http://blog.becouz.net/10-tips-menjaga-keamanan-perangkat-wifi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Home

Categories