Cari :

Kamis, 09 Desember 2010

Apa itu Wikipedia?

Untuk para pengguna internet,pasti tidak asing dengan Wikipedia. Sebuah ensiklopedia online yang sangat lengkap. Sebenarnya, Wikipedia merupakan sebuah salah satu proyek besar terbesar di dunia karya Jimmy Wales dan Larry Sanger yang duluncurkan pada tahun 2001.

Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia.

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. yang kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet.

Pada awalnya, saat Tim Berners-Lee membuat World Wide Web pada tahun 1990, dia berpikir bahwa World Wide Web adalah tempat dimana semua orang bisa saling berbagi dalam ilmu pengetahuan. Dia bahkan menambahkan bahwa pada setiap web kita tidak hanya dapat membacanya saja melainkan juga dapat mengedit halaman.

Wikipedia merupakan merek dagang Yayasan Wikimedia yang juga membawahi proyek multibahasa seperti Wikiquote (koleksi kutipan), Wiktionary (kamus dan tesaurus), Wikisource (perpustakaan naskah), Wikibooks (buku teks), Wikinews (sumber berita), Wikispecies (direktori spesies), dan Wikiversity (bahan belajar).

Di seluruh dunia, kini ada 67.000 kontributor aktif yang mengerjakan 4.600.000 artikel pada lebih dari 100 bahasa. Wikipedia terbesar adalah versi bahasa Inggris yang saat ini memiliki 1.532.057 artikel.

Semua isi Wikipedia dilindung General Public Licence (GNU) Free Documentation License (Lisensi dokumentasi bebas GNU atau GNU FDL). Ribuan proyek gratisan berada di bawah GNU FDL, tetapi Wikipedia inilah yang merupakan proyek dokumentasi terbesar GNU FDL.

Kebijakan Wikipedia yaitu semua artikel harus ditulis dari sudut pandang yang netral atau neutral point of view (NPOV). Menurut pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, NPOV ini adalah kewajiban dan tidak boleh diganggu gugat.

(Sumber: id.wikipedia.org dan Amir Sodikin, Kompas, 26 Desember 2006, tokohindonesia.com)

3 komentar:

  1. sangat bermanfaat terima kasih
    coba cek link ini
    http://blog.binadarma.ac.id/irwanseptayuda/

    BalasHapus
  2. oh saya jadi tau sekarang tentang
    wikipedia setelah saya membaca artikel di sini

    BalasHapus

Home

Categories