Cari :

Sabtu, 23 Maret 2013

Implemetasi Komputasi Modern

Pada tugas softskill semester 8 ini, saya diberikan tugas untuk mencari website yang memanfaakan komputasi modern. Contoh website yang ingin saya tuliskan disini adalah salah satu website yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi pembaca semuanya, yaitu Twitter.

Knapa saya mengambil twitter sebagai contoh? Baik saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu komputasi modern. Komputasi modern adalah sebuah konsep yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. 

 Ada 3 jenis komputasi modern yang dikenal yaitu, Mobile computing, Grid computing, dan cloud computing. Kali ini saya akan focus pada cloud computing saja yaa..

 Dari yang saya baca mengenai cloud computing dari berbagai sumber, cloud computing adalah sebuah fasilitas internet yang diberikan untuk user dimana user diberikan pelayanan baik dalam jaringan, penyimpanan, aplikasi tanpa user harus mengetahui bagaimana itu bekerja. Contohnya seperti layanan yang kita dapat dari PLN. Kita berlayanan untuk mendapatkan fasilitas listrik tanpa pusing-pusing memikirkan bagaimana PLN bekerja (cr. Chip.co.id) 

Nah, dari cloud computing juga dibagi-bagi menjadi beberapa bagian lagi sesuai dengan fasilitas yang mereka layani. Ketiga layanan Cloud Computing tersebut adalah Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS). 

Twitter merupakan contoh dari Software as a Service (SaaS) dimana pengertian dari SaaS ini adalah pengguna dapat menggunakan software yang telah disediakan oleh penyedia layanan (service provider). Oleh karena itu, pelanggan hanya perlu mengetahui bahwa software yang digunakan bisa berjalan dengan baik dan optimal. Mungkin pembaca sekarang sudah tahu bagaimana twitter ini berfungsi. Namun, saya akan menjelaskan sedikit saja. Berikut adalah tampilan dari twitter :

  

Kita harus membuat akun terlebih dahulu untuk mengakses website ini.

Pada twitter, kita diberikan kemudahan untuk berbincang dengan sesama pemakai twitter tanpa batas. Bahkan pada orang yang tidak kita kenal sekalipun.



Kita pun dapat dengan mudah membagikan video, gambar hanya dengan menaruh link video juga dengan mengupload gambar di media gambar yang ada seperti twitter pict, instagram, yfrog dsb.
Membagi video lewat link youtube :
 




Tampilan videonya :


  
  


sumber : http://chip.co.id/news/general/2841/memahami_cloud_computing
http://www.kompinia.com/cloud-computing-revolusi-besar-dalam-penyimpanan-data/
 

2 komentar:

Home

Categories